PROGRAM KERJA OSIS ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH ( OSIS )

 

PROGRAM KERJA OSIS

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

 ( OSIS )

 

 

 



SMA  NEGERI 1 SANGGAU LEDO

TAHUN 2023/2024

 

KEPUTUSAN KEPALA SA NEGERI 1 SANGGAU LEDO Nomor : 421

 

TENTANG

 

Menimbang     :

 

PENGESAHAN PROGRAM KERJA OSIS SMA NEGERI 1 SANGGAU LEDO MASA BHAKTI 2022/2023

 

1.       Bahwa satu-satunya organisasi siswa di sekolah adalah OSIS sebagai wadah seluruh kegiatan siswa di sekolah

2.       Bahwa OSIS dapat melaksanakan tugas sebagaimana mestinya, maka perlua adanya pengesahan Program Kerja sebagai pola dan pedoman kegiatan siswa

 

Mengingat       :

 

1.       Anggaran Dasar OSIS

2.       Anggaran Rumah Tangga OSIS Masa Bhakti 2022/2023 Memperhatikan :

Musyawarah Perwakilan Kelas tentang penyusunan Program Kerja OSIS pada tanggal 30 Agustus 2022.

 

MEMUTUSKAN

 

Menetapkan

Pertama           : Mengesahkan Program Kerja OSIS Masa Bhakti 2022/2023.

Kedua             : Menginstruksikan kepada Pengurus OSIS untuk melakasanakan Program Kerja OSIS.

Ketiga             : Menginstruksikan kepada Pengurus OSIS untuk melaporkan Pertanggung jawaban pelaksanaan Program Kerja OSIS.

Keempat          : Apabila di kemudian hari ada kekliruan dalam keputusan ini maka akan diadakan pembetulan sebagaimana mestinya.

Kelima             : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. Ditetapkan di Talun Tanggal


KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah S.W.T atas rahmat-Nya yang selalu menyertai kami dalam menyelasaikan penyusunan program kerja OSIS SMA NEGERI 1 SANGGAU LEDO. Masa Bhakti 2022/2023 ini sebagai acuan dasar pelaksanaan kegiatan siswa dalam lingkungan sekolah. Program kerja ini disusun untuk mempermudah dalam pelaksanaan kegiatan berdasarkan kerangka prioritas, waktu dan dana tertentu untuk mencapai peranan organisasi sebagai wadah seluruh kegiatan siswa dalam sekolah dan sebagai motivator yang bersifat preventif.

Kami selaku Pengurus OSIS menyadari bahwa belum semua aspirasi siswa tertampung dalam program kerja ini. Oleh karena itu, program kerja ini masih jauh dari kesempurnaan sehingga sumbangan pemikiran baik kritik maupun saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan di masa mendatang.

Akhirnya, kami ucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari semua pihak, baik fisik maupun moral dalam penyusunan program kerja ini. Semoga program kerja ini dapat membawa manfaat dalam pengembangan dan peningkatan mutu kegiatan siswa di SMA NEGERI 1 SANGGAU LEDO



BAB I

PENDAHULUAN

A.                TUJUAN

    Dalam hal ini kami Pengurus Oganisasi Siswa Intara Sekolah membuat proposal program kerja ini sebagai bentuk penghragaan adanya penegakan Hak Asasi Manusia dengan penyusunan program kerja berdasarkan aspirasi siswa secara demokratis. Dalam program kerja tersebut digambarkan, diuraikan, dan diinterprestasikan dalam segala bentuk kegiatan OSIS. Selain program kerja digunakan sebagai pedoman OSIS, juga dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam proses kegiatan mulai dari perencanaan sampai pertanggungjawaban dan dipergunakan sebagai pengambilan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.

B.                 LANDASAN DAN HUKUM

 

Penyusunan program kerja OSIS SMAN 1 SANGGAU LEDO Masa Bhakti 2022/2023 memiliki landasan sebagai berikut :

 

1.                 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

2.                 UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

3.                 PP 19 Tahun 2005, tentang Standar Pendidikan Nasional

4.                 Kep. Mendikbud Nomor 0461/U/1984 tentang Pembinaan Kesiswaan

5.                 Kep. Dirjen Dikdasmen Nomor 226/C/0/1992 tentang Pedoman Pembinaan Kesiswaan


 

BAB II

GARIS BESAR PROGRAM KERJA OSIS MASA BHAKTI 2022/2023

A.  Penyusunan Program Kerja

Program kerja yang dibuat harus mencerminkan aspirasi dan kebutuhan anggota. Sehingga dalam penyusunan program kerja ini harus melibatkan unsur-unsur siswa yang terhimpun dalam MPK (Musyawarah Perwakilan Kelas) sekaligus yang berkecimpung dalam kegiatan sekolah seperti pengurus OSIS dan sebagainya.

Program kerja OSIS SMA NEGERI 1 SANGGAU LEDO disusun melalui tahap- tahap sebagai berikut :

1)      Pembentukan tim penyusun program kerja OSIS yang terdiri dari :

 

a)      Pengurus Harian OSIS

 

b)      Pengurus Seksi Bidang OSIS

 

c)      Para anggota OSIS

 

2)      Musyawarah Tim Penyusun tentang penyusunan program kerja OSIS

 

3)      Pengajuan Kepada Musyawarah Perwakilan Kelas.

 

4)      Rapat Pengajuan program kerja OSIS Bersama Bapak dan Ibu Pembina OSIS serta Pengurus OSIS masa bhakti 2022/2023

5)      Pengesahan Program Kerja Oleh Wakasek Kesiswaan dan Kepala Sekolah

 

B.  Program Kerja

Adapun program kerja terdiri dari 5 bagian yaitu :

 

      1.      VISI

2.      MISI


3.      Program kerja Pengurus Harian OSIS


4.      Sasaran Umum Program Kerja Seksi Bidang

 

5.      Program Kerja Seksi Bidang

 

1.      Visi

 

Terciptanya Pengurus OSIS SMAN 1 SANGGAU LEDO yang Kreatif, Inovatif, Mandiri, Bertanggung jawab, Unggul Dalam Prestasi serta Peduli Terhadap Lingkungan.

2.      Misi

 

A.                                  Mengembangkan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan YME.

B.                                   Menciptakan lingkungan sekolah Bersih dan Ramah yang dapat menunjang kegiatan belajar serta eksplor diri untuk mencapai integritas secara menyeluruh.

C.                                  Menjalankan program dan peraturan yang berlaku secara tertib, teratur, dan berkelanjutan.

D.                                  Menjadikan prestasi SMA NEGERI 1 SANGGAU LEDO unggul dan Peduli Lingkungan

 

E.                                   Menampung berbagai aspirasi seluruh warga sekolah demi kemajuan dan kesejahteraan SMA NEGERI 1 SANGGAU LEDO


 

Program Kerja Pengurus Harian Osis

 

1.        Sasaran Umum

Terwujudnya koordinasi yang matang antar seksi bidang, pelayanan yang optimal terhadap anggota dan pembagian tugas kesekretariatan yang merata.

Jenis Kegiatan :

 

1)      Membentuk staf Kesekretariatan OSIS

 

2)      Membuat jadwal piket Sekretariat OSIS

 

3)      Pengajuan perbaikan sarana dan administrasi

 

4)      Penertiban administrasi

 

5)      Pengaktifan kegiatan dana usaha

 

6)      Persiapan Laporan Pertanggung Jawaban

 

2.        Program Kerja

 

a.      Program Kerja Ketua OSIS

 

1)     Memimpin organisasi

 

2)     Mengkoordinasi seluruh pengurus OSIS meliputi :

 

I.       Ketua Umum

II.        Wakil Ketua 1

III.        Sekretaris Umum

IV.        Sekretaris 1

V.        Bendahara Umum

VI.        Bendahara 1

VII.         Seluruh kordinator dan anggota seksi bidang dari Seksi Bidang I sampai dengan  Seksi Bidang 8.


 

3)     Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dean direncanakan oleh para pengurus OSIS.

4)     Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah mufakat.

5)     Setiap saat mengevaluasi kegiatan para pengurus OSIS.

 

6)     Memimpin rapat program kerja

 

b.      Program Wakil Ketua 1

 

1)      Memberi saran / masukan kepada dalam mengambil keputusan

 

2)      Menetapkan kebijakan bersama Mitratama.

 

3)      Mengkordinasi 5 Seksi Bidang :

 

a)   SEKBID I Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa

 

b)   SEKBID II Pembinaan Kehidupan Berbangsa Dan Bernegera

 

c)   SEKBID III Pembinaan Pendidikan Pendahuluan Bina Negera

 

d)   SEKBID IV Pembinaan Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur

 

c.       Program Kerja Sekretaris Umum :

 

1)      Memberi saran/masukan kepada Ketua Umum dalam mengambil keputusan.

2)      Menyiapkan laporan, hasil rapat,dan evaluasi kegiatan.

 

3)      Menandatangani setiap surat bersama Ketua Umum.

 

4)      Inventarisasi surat keluar – masuk.

 

5)      Membantu Wakil Ketua 1 mengkordinasi seksi bidang 1 sampai 4


 

d.      Program Kerja Sekretaris I:

 

1)      Membantu pelaksanaan tugas Sekretaris Umum.

 

2)      Menggantikan Sek. Umum jika berhalangan hadir.

 

3)      Membantu Wakil Ketua 2 mengkordinasi seksi bidang 5 sampai 8.

 

4)      Menulis Notulen Rapat

 

5)      Mengarsipkan surat

 

e.       Program Kerja Bendahara Umum :

 

1)      Mengetahui segala pemasukan dan pengeluaran serta biaya.

 

2)      Membuat tanda bukti (kwitansi) pengeluaran.

 

3)      Bertanggung jawab atas inventaris dan perbendaharaan.

 

4)      Menyampaikan laporan keuangan secara berkala.

 

3.      Sasaran Umum Program Kerja Seksi Bidang

 

a.          SEKBID I Keimanan Dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Sasaran Umum

Terbinanya kualitas dan kesadaran beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME dengan melaksanakan ajaran sesuai dengan agama masing-masing yang diprioritaskan pada kegiatan ibadah secara berkelompok dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama umat beragama.


 

b.         SEKBID II Pembinaan Kehidupan Berbangsa Dan Bernegera Sasaran Umum

Bidang ini memiliki tujuan dan sasaran yaitu untuk menumbuh kembangkan rasa nasionalisme yang tinggi dikalangan siswa, dengan melakukan berbagai kegiatan yang bias menumbuhkan kegiatan ini diantaranya adalah upacara bendera setiap hari senin, memperingati hari – hari besar nasional.

c.          SEKBID III Pembinaan Pendidikan Pendahuluan Bina Negera Sasaran Umum

Terbinanya rasa patriotisme, kebangsaan dan bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara yang diwujudkan dalam penghayatan nilai-nilai dalam upacara bendera. Serta terkoordinasinya kegiatan kepramukaan dalam menumbuhkan jiwa cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa dan negara untuk membentuk kader penerus yang patriotis.

d.         SEKBID IV Pembinaan Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur Sasaran Umum

Siswa memiliki kepribadian yang mantap, suka meringankan penderitaan orang lain, berkepedulian sosial yang tinggi, mandiri dan mampu menjawab tantangan hidup secara dewasa.


 

e.          SEKBID V Pembinaan Berorganisasi, Pendidikan Politik dan Kepemimpinan Sasaran Umum

Tumbuhnya kesadaran dari dalam diri siswa untuk belajar berorganisasi, bermusyawarah dan memahami tentang politik serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan agar tercipta calon calon generasi penerus bangsa yang paham dengan organisasi dan memiliki jiwa kepemimpinan yang berkualitas.

f.          SEKBID VI Pembinaan Keterampilan dan Kewirausahaan Sasaran umum

Mendorong tumbuhnya sikap mental wiraswasta siswa sehingga timbul kreatifitas, ketrampilan dan kemandirian dalam menghadapi hidup.

g.         SEKBID VII Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi Sasaran Umum

Terbinanya kualitas siswa dari pribadi yang sehat dalam kebugaran diri dan pemenuhan gizi pangan.

h.         SEKBID VIII Pembinaan Persepsi, Apresiasi dan Kreasi Seni Sasaran Umum

Berkembangnya kegiatan sastra dan budaya yang kreatif dan ekonomis untuk menumbuhkan sikap untuk mau menghargai hasil karya seni.

Terbinanya kualitas rasa cinta sekolah dan rasa memiliki sekolah melalui peningkatan prestasi sesuai dengan bakat dan minat siswa.


BAB III PENUTUP

Proposal Program kerja OSIS ini disusun sebagai pedoman-pedoman pola yang terarah dalam koordinasi dalam organisasi siswa. Program Kerja ini didasarkan pada upaya pemecahan setiap hambatan dan permasalahan yang terjadi dengan menetapkan arah kebijaksanaan sebagai landasan program kerja sehingga dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tujuan dan misi organisasi yang hendak dicapai aparat kepengurusan, perlu ditetapkan prioritas sasaran program kerja.

Begitu kompleksnya permasalahan dan hambatan yang kami hadapi kelak dengan rancangan program kerja OSIS ini. Namun keberhasilan sangat relatif dan amat ditentukan oleh tenaga terampil yang ada. Akhirnya kami adalah hanya manusia yang hanya bisa untuk berusaha dan berdoa, namun pada akhirnya hanyalah Allah yang menentuk


 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LINK SOAL PSSG 2025/2026